Perlengkapan Fundamental Manusia (Makalah) - Mininewspaper

Breaking News

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 23 April 2016

Perlengkapan Fundamental Manusia (Makalah)



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Teori belajar bahasa adalah teori mengenai bagaimana manusia mempelajari bahasa. Manusia sebagai makhluk social yang perlu berinteraksi serta butuh berkomunikasi dengan manusia lainnya. Interaksi semakin penting pada saat manusia ingin menampilkan eksistensinya. Agar interaksi berlangsu interaktif, tentunya membutuhkan alat sarana yang paling utama yaitu bahasa. Setiap orang pasti bias berbahasa karena setiap orang pasti belajar, namun hampir setiap orang tidak mengetahui apa sebenarnya definisi dari bahasa maupun belajar. Makalah ini membahas tentang perlengkapan fundamental manusia. Fundamental sendiri artinya adalah mendasar atau pokok.
1.2  Rumusan Masalah
  1. Apa pengertian hereditet dan lingkungan ?
  2. Apa saja prinsip pokok hereditet ?
  3. Apa saja ciri-ciri biologis yang penting untuk tujuan pendidikan ?
  4. Apa saja perbedaan setiap murid atau umur setiap kelas ?
1.3  Tujuan
Makalah ini dibuat agar mahasiswa mengetahui tentang perlengkapan fundamental manusia.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Hereditet dan Lingkungan
Perlengkapan fundamental manusia secara psikologis, setiap individu adalah hasil dari dua kekuatan atau dua factor yaitu :
  1. Hereditet
Hereditet ialah proses penurunan sifat-sifat atau ciri-ciri dari satu generasi ke generasi yang lain dengan perentaraan plasma benih. sedangkan menurut wikipedia Hereditas adalah pewarisan watak dari induk ke keturunannya baik secara biologis melalui gen atau secara sosial melalui pewarisan gelar, atau status sosial.
  1. Lingkungan
Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
2.2 Prinsip Pokok Hereditet
Hereditet memiliki prinsip-prinsip pokok tertentu yakni :
  1. Herediter bekerja dengan melalui sel-sel benih
  2. Setiap jenis menghasilkan jenisnya sendiri.
  3. Sel-sel benih mengandung banyak determinan (factor yang menentukan), yang berkombinasi dalam cara-cara yang beraneka warna untuk menghasilkan perbedaan-perbedaan individual.
  4. Anak atau keturunan cenderung untuk menuju kerata-rataan mengenai suatu sifat tertentu.

Mekanisme hereditet:
  1. Setiap manusia memulai hidupnya, apabila terjadi pertemuan atau persatuan antara ovum wanita dengan sperma pria.
  2. Struktur cellulair (yang disebut kromoson-kromosom), menurut praduga mengandung berbagai susunan unsur-unsur yang tidak dapat dilihat (Gen).
  3. Setengah dari 48 kromosom untuksetiap manusia datang dari setiap pihak orang tua, sehingga tidak ada sesorang anakpun dapat tepat menyerupai salah satu orang tuanya.
2.3  Ciri-ciri biologis yang penting untuk tujuan pendidikan
1.      Kecenderungan begerak atau berbuat
2.      Struktur badan.
3.      Sensititas (Kepekaan, perihal cepat menerima rangsangan)
4.      Plastisitas (kemampuan makhluk untuk menyesuaikan dirinya dng keadaan tempat tumbuh (lingkungan) yg baru)
5.      Dorongan (motivasi)
6.      Kapasitas belajar (intelegensi)
L.L. Thurstone memandang bahwa inteligensi itu mempunyai tujuh kemampuan intelektual spesifik, yang dinamakannya kemampuan primer yaitu: (1) pemahaman verbal; (2) kemampuan angka; (3) kefasihan kata; (4) visualisasi spasial; (5) memori asosiatif; (6) penalaran; dan  (7)  kecepatan  persepsi.
7.      Pola-pola biologis
2.4  Perbedaan Setiap Murid atau Umur Setiap Kelas
1.      Suatu variasi, pada factor hereditas dan lingkungan menghasilkan perubahan.
2.      Factor lingkungan : kesalahan pedagogis, kesehatan, kesehatan, keadaan rumah, sekolah, dan gangguan emosional.
3.      Ada perbedaan tingkatan dalam satu kelas.

BAB III
PENUTUP
3.1    Kesimpulan
Perlengkapan fundamental manusia adalah perlengkapan mendasar atau pokok manusia meliputi dua factor yaitu hereditat dan lingkungan. Hereditet memiliki prinsip-prinsip pokok tertentu yakni : Herediter bekerja dengan melalui sel-sel benih, Setiap jenis menghasilkan jenisnya sendiri, Sel-sel benih mengandung banyak determinan (factor yang menentukan), yang berkombinasi dalam cara-cara yang beraneka warna untuk menghasilkan perbedaan-perbedaan individual, Anak atau keturunan cenderung untuk menuju kerata-rataan mengenai suatu sifat tertentu.

DAFTAR PUSTAKA
Google.com. 2015. (Online)
http://kbbi.web.id/ (Diakses pada 27 September 2015)
Merdhana. 2003. Teori Belajar Bahasa. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages