Pengertian
Kurikulum
1. Kurikulum
adalah perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan. (KBBI
Online)
2. Kurikulum
adalah perangkat mata kuliah mengenai bidang keahlian khusus. (KBBI Online)
3. Kurikulum
adalah pendidikan yang harus ditempuh oleh siswa dalam jangka waktu tertentu
unuk memperoleh ijazah. (Dalam buku Hamalik, Oemar: Kurikulum dan Pembelajaran)
4. Kurikulum
adalah sejumlah mata ajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk memperoleh
pengetahuan. (Dalam buku Hamalik, Oemar: Kurikulum
dan Pembelajaran)
5. Kurikulum
adalah suatu program pendidikan yang
disediakan untuk membelajarkan siswa. (Dalam buku Hamalik, Oemar: Kurikulum dan Pembelajaran)
6. Dalam
UUD No.2 tahun 1989, kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan
mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiaan belajar-mengajar.
7. Kurikulum
adalah suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar-mengajar di
bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf
pengajarnya. (Dalam buku Nasution, S: Kurikulum
dan Pengajaran)
8. Kurikulum
adalah suatu yang direncanakan sebagai pegangan guna mencapai tujuan pendidikan.
(Dalam buku Nasution, S: Asas-asas
kurikulum)
9. Kurikulum
adalah segala usaha sekolah untuk mempengaruhi anak belajar, apakah dalam
ruangan kelas, di halaman sekolah atau di luar sekolah. (Dalam buku Nasution,
S: Asas-asas kurikulum)
10. Kurikulum
adalah semua aktivitas yang menyediakan untuk siswa melalui sekolah. (Dalam
buku Nasution, S: Asas-asas kurikulum)
11. UU No. 20
Tahun 2003
Kurikulum merupakan seperangkat rencana & sebuah
pengaturan berkaitan dengan tujuan, isi, bahan ajar & cara yang digunakan
sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai
sebuah tujuan pendidikan nasional.
12. Dr. H.
Nana Sudjana Tahun (2005)
Kurikulum merupakan niat & harapan yang dituangkan
kedalam bentuk rencana maupun program pendidikan yang dilaksanakan oleh para
pendidik di sekolah. Kurikulum sebagai niat & rencana, sedangkan
pelaksaannya adalah proses belajar mengajar. Yang terlibat didalam proses
tersebut yaitu pendidik dan peserta didik.
13. Drs. Cece
Wijaya,dkk
Mengartikan kurikulum dalam arti yang luas yakni meliputi
keseluruhan program dan kehidupan didalam sekolah.
14. Prof.Dr.
Henry Guntur Tarigan
Kurikulum ialah suatu formulasi pedagogis yang
termasuk paling utama dan terpenting dalam konteks proses belajar mengajar.
15. Harsono
(2005)
Mengungkapkan bahwa kurikulum ialah suatu gagasan pendidikan
yang diekpresikan melalui praktik. Pengertian kurikulum saat ini semakin
berkembang, sehingga yang dimaksud dengan kurikulum itu tidak hanya sebagai
gagasan pendidikan, namun seluruh program pembelajaran yang terencana dari
institusi pendidikan nasional.
16. Prof. Dr.
S. Nasution, M. A.
Menjelaskan kurikulum sebagai suatu rencana yang disusun
untuk melancarkan proses kegiatan belajar mengajar di bawah naungan, bimbingan
& tanggunga jawab sekolah / lembaga pendidikan.
17. S. H.
Hasan (1992)
Menurutnya kurikulum itu bersifat fleksibilitas. Yakni
sebagai suatu pemikiran kependidikan bagi diklat, sehingga dalam posisi
teoritik, harus dikembangkan dalam kurikulum sebagai sesuatu yang terencana dan
juga dianggap sebagai kaidah pengembang kurikulum.
18.
Prof. Drs. H. Darkir
Menyatakan bahwa kurikulum merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan. Jadi, kurikulum ialah program pendidikan dan bukan program pengajaran, sehingga program itu direncanakan dan dirancang sebagai bahan ajar dan juga pengalaman belajar.
Menyatakan bahwa kurikulum merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan. Jadi, kurikulum ialah program pendidikan dan bukan program pengajaran, sehingga program itu direncanakan dan dirancang sebagai bahan ajar dan juga pengalaman belajar.
19. Hamid
Hasan (1988)
Berpendapat bahwa konsep kurikulum bisa ditinjau dari 4
sudut yakni : (1) kurikulum sebagai suatu ide; yang dihasilkan
melalui teori-teori dan penelitian ; (2) sebagai suatu rencana tertulis,
yaitu sebagai perwujudan dari kurikulum sebagai suatu ide, didalamnya berisi
tentang tujuan, bahan ajar, aktifitas belajar, alat-alat atau media, dan waktu
pembelajaran ; (3) sebagai suatu kegiatan, merupakan pelaksanaan
dari kurikulum sebagai suatu rencana tertulis yakni dalam bentuk praktek
pembelajaran ; (4) sebagai suatu hasil, yaitu konsekwensi dari kurikulum
sebagai suatu kegiatan, melalui ketercapaiannya tujuan kurikulum terhadap
peserta didik.
20.
Kerr, J.F (1968)
Kurikulum merupakan seluruh pembelajaran yang dirancang dan
dilakukakan secara individu maupun kelompok, baik didalam sekolah maupun diluar
sekolah.
21.
George A. Beaucham (1976)
Kurikulum diartikan sebagai dokumen tertulis yang berisikan
seluruh mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik melalui pilihan
berbagai disiplin ilmu dan rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
22. Murray
Print
Menjelaskan bahwa kurikulum
ialah ruang pembelajaran yang direncanakan, diberikan secara langsung kepada
peserta didik oleh sebuah lembaga pendidikan dan merupakan pengalaman yang bisa
dinikmati oleh seluruh peserta didik ketika kurikulum itu diterapkan.
23.
Good V.Carter (1973)
Mengatakan bahwa kurikulum merupakan sekumpulan kursus ataupun urutan pembelajaran yang sistematik.
Mengatakan bahwa kurikulum merupakan sekumpulan kursus ataupun urutan pembelajaran yang sistematik.
24.
Inlow (1966)
Kurikulum merupakan suatu usaha menyeluruh yang dirancang secara khusus guna untuk membimbing peserta didik dalam memperoleh hasil belajar dari pembelajaran yang sudah ditetapkan.
Kurikulum merupakan suatu usaha menyeluruh yang dirancang secara khusus guna untuk membimbing peserta didik dalam memperoleh hasil belajar dari pembelajaran yang sudah ditetapkan.
25.
Daniel Tanner & Laurel Tanner
Mereka mengemukakan pengertian kurikulum sebagai suatu pengalaman pembelajaran yang terarah, terencana secara sistematis juga tersusun melalui proses rekontruksi pengetahuan & pengalaman serta berada dibawah pengawasan lembaga pendidikan sehingga para peserta didik memiliki motivasi & minat belajar yang tinggi.
Mereka mengemukakan pengertian kurikulum sebagai suatu pengalaman pembelajaran yang terarah, terencana secara sistematis juga tersusun melalui proses rekontruksi pengetahuan & pengalaman serta berada dibawah pengawasan lembaga pendidikan sehingga para peserta didik memiliki motivasi & minat belajar yang tinggi.
26.
Neagley dan Evans (1967)
Mengemukakan kurikulum sebagai sebuah pengalaman yang telah dirancang dari pihak sekolah untuk membantu peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang baik.
Mengemukakan kurikulum sebagai sebuah pengalaman yang telah dirancang dari pihak sekolah untuk membantu peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang baik.
27.
Hilda Taba (1962)
Kurikulum dianggap sebagai a plan of learning yang artinya bahwa kurikulum merupakan sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh peserta didik.
Kurikulum dianggap sebagai a plan of learning yang artinya bahwa kurikulum merupakan sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh peserta didik.
28.
Grayson (1978)
Menjelaskan kurikulum sebagai suatu perencanaan dalam memperoleh pengeluaran yang diharapkan dari suatu pembelajaran yang telah diajarkan.
Menjelaskan kurikulum sebagai suatu perencanaan dalam memperoleh pengeluaran yang diharapkan dari suatu pembelajaran yang telah diajarkan.
29.
Crow and Crow
Kurikulum ialah suatu rancangan dalam pengajaran yang tersusun secara sistematis untuk menyelesaikan program dalam memperoleh ijazah.
Kurikulum ialah suatu rancangan dalam pengajaran yang tersusun secara sistematis untuk menyelesaikan program dalam memperoleh ijazah.
30.
William B. Ragam & Robert S. Flaming
Kurikulum merupakan keseluruhan pengalaman peserta didik yang menjadi tanggung jawab pihak sekolah atau lembaga.
Kurikulum merupakan keseluruhan pengalaman peserta didik yang menjadi tanggung jawab pihak sekolah atau lembaga.
31.
David Praff
Kurikulum merupakan seperangkat organisasi dari pendidikan formal / pusat-pusat pelatihan pembelajaran.
Kurikulum merupakan seperangkat organisasi dari pendidikan formal / pusat-pusat pelatihan pembelajaran.
32.
Saylor (1958)
Kurikulum ialah keseluruhan usaha pihak sekolah untuk mempengaruhi PBM baik secara langsung didalam kelas, tempat bermain, ataupun di luar sekolah.
Kurikulum ialah keseluruhan usaha pihak sekolah untuk mempengaruhi PBM baik secara langsung didalam kelas, tempat bermain, ataupun di luar sekolah.
33.
Valiga, T & Magel, C
Kurikulum merupakan suatu urutan pengalaman yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah untuk mendisiplinkan cara berfikir & bertindak para peserta didik.
Kurikulum merupakan suatu urutan pengalaman yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah untuk mendisiplinkan cara berfikir & bertindak para peserta didik.
34.
B. Bara, Ch (2008)
Mengkonsepkan kurikulum kedalam 4 pengertian yakni: (1) kurikulum sebagai suatu produk ; (2) sebagai program ; (3) sebagai hasil yang diinginkan atau dicapai ; & (4) sebagai pengalaman belajar.
Mengkonsepkan kurikulum kedalam 4 pengertian yakni: (1) kurikulum sebagai suatu produk ; (2) sebagai program ; (3) sebagai hasil yang diinginkan atau dicapai ; & (4) sebagai pengalaman belajar.
35.
Donald E. Orlasky, Othanel Smith
(1978) & Peter F. Olivva
(1982)
Menyatakan bahwa kurikulum pada dasarnya ialah suatu bentuk perencanaan maupun program dari pengalaman peserta didik yang diarahkan dan dikembangkan di sekolah.
Menyatakan bahwa kurikulum pada dasarnya ialah suatu bentuk perencanaan maupun program dari pengalaman peserta didik yang diarahkan dan dikembangkan di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar